EFI(Electronic Fuel Injection)
EFI (Electronic Fuel Injection)
1. Pengertian EFI (Electronic Fuel Injection)
Efi adalah sisitem injeksi yang
menggunakan elektronis atau sisitem injeksi elektronis. Sistem ini langkah maju
dari sistem karburator yang menggunakan sistem injeksi mekanis. Eletronic Fuel Injection (EFI) adalah teknologi pengontrolan penginjeksian
bahan bakar yang berkembang saat ini pada mesin bensin menggantikan
karburator”.
Sistem
bahan bakar tipe injeksi merupakan langkah inovasi yang sedang dikembangkan untuk
diterapkan pada sepeda motor. Tipe injeksi sebenarnya sudah mulai diterapkan
pada sepeda motor dalam jumlah terbatas pada tahun 1980-an, dimulai dari sistem
injeksi mekanis kemudian berkembang menjadi sistem injeksi elektronis. Sistem
injeksi mekanis disebut juga sistem injeksi kontinyu (K-Jetronic) karena
injektor menyemprotkan secara terus menerus ke setiap saluran masuk (intake
manifold). Sedangkan sistem injeksi elektronis atau yang lebih dikenal dengan
Electronic Fuel Injection (EFI), volume dan waktu penyemprotannya dilakukan
secara elektronik. Sistem EFI kadang disebut juga dengan EGI (Electronic
Gasoline Injection), EPI (Electronic Petrol Injection), PGM-FI (Programmed Fuel
Injenction) dan Engine Management. Penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada
sepeda motor komersil di Indonesia sudah mulai dikembangkan. Salah satu
contohnya adalah pada salah satu tipe yang di produksi Astra Honda Mesin, yaitu
pada Supra X 125. Istilah sistem EFI pada Honda adalah PGM-FI (Programmed Fuel
Injection) atau sistem bahan bakar yang telah terprogram. Secara umum,
penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI dimaksudkan agar
dapat meningkatkan unjuk kerja dan tenaga mesin (power) yang lebih baik,
akselarasi yang lebih stabil pada setiap putaran mesin, pemakaian bahan bakar
yang ekonomis (iriit), dan menghasilkan kandungan racun (emisi) gas buang yang
lebih sedikit sehingga bisa lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu,
kelebihan dari mesin dengan bahan bakar tipe injeksi ini adalah lebih mudah
dihidupkan pada saat lama tidak digunakan, serta tidak terpengaruh pada
temperatur di lingkungannya.
Sistem Electronic Fuel Injection ( EFI) mulai dikembangkan
oleh Toyota sejak tahun 1971, tahap-tahap itu masih bertaraf percobaan. Baru
pada tahun 1981 pertama kali diterapkan pada mesin Toyota Crown. Sebelum itu
beberapa mobil Eropa memang sudah menggunakan cara injeksi bahan bakar. Namun
cara yang digunakan berbeda dengan yang sekarang sangat populer dengan istilah
EFI. EFI yang dikendalikan oleh ECU (Electronic Control Unit) - sangat
membutuhkan campur tangan sistem elektronik. Secara singkat dapat dijelaskan
bahwa, di saat kaki pengemudi menekan pedal gas maka sensor air flow meter,
akan mengirimkan sinyal ke EFI-ECU. Setelah data tersebut diolah, ECU
memerintahkan agar injektor mengirimkan sejumlah bahan bakar sesuai banyaknya
udara yang dikirim lewat air flow meter. Air flow meter adalah sebuah peralatan
yang terletak pada tempat dimana dipasangkan "karburator" pada mobil
yang menggunakan karburator.
2. Kelebihan dan kekurangan pada sepeda motor Injeksi bahan bakar (EFI)
Kelebihan EFI
· Konsumsi bahan bakar lebih
hemat(irit), karena takaran bahan bakar yang diproduksi EFI sudah ditentukan
sesuai dengan kebutuhan yang ideal bagi mesin pada semua kondisi.Efisiensi
bahan bakar = Irit
· Mesin lebih bertenaga dan memiliki
akselerasi yang responsif, sehingga selalu dalam kinerja yang optimal.
· Pada motor dengan sistem EFI
dilengkapi dengan fault code indicator.Jika ada masalah/kerusakan pada sistem
EFI, lampu peringatan akan menyala sehingga segera diketahui untuk diperbaiki.
· Emisi gas buang yang lebih
rendah,sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.
· Kinerja motor tetap stabil tanpa
banyak terpengaruh oleh panas dinginnya suhu mesin dan keadaan cuaca.
Kekurangan EFI
· Perawatan sistem EFI jauh lebih
rumit dari pada sistem baha bakar konvensional karburator. Untuk itu EFI membutuhkan
perawatan yang lebih teliti yang dilakukan hanya oleh tenaga mekanik yang
berpengalaman. Oleh karena itu, biaya perawatan yang harus dikeluarkan
relatif lebih tinggi.
· Rentan terjadi gangguan terutama
oleh air, karena seluruh sistem EFI diatur oleh mesin elektronik. Seperti yang
kita ketahui, perangkat elektronik lebih rentan/sensitif jika terkena air.
Pastinya sistem EFI kalah awet dengan karburator, karena karburator tidak
bekerja dengan sistem kelistrikan samasekali.Sudah tahukan bagaimana sifat
ketahanan benda elektronik?,,,
· Jika suatu saat diperjalanan sistem
bahan bakar anda mengalami kerusakan, kemungkinan besar motor anda harus naik
mobil emergenci untuk dibawa ke bengkel resmi. Karena Tidak ada cara darurat
untuk memperbaiki sistem EFI yang rusak. Lain halnya dengan karburator, paling
paling masalahnya hanya kemasukan air atau banjir, dan itu sangat mudah diatasi
dimana saja asal ada obeng + kunci pass + Mekanik seadanya. :)
3. Macam Macam Sistem EFI
Sistem EFI dirancang untuk
mengukur jumlah udara yang dihisap dan untuk megontrol penginjeksian bahan
bakar yang sesuai. Besarnya udara yang dihisap diukur
langsung dengan tekanan udara dalam intake manifold (D-EFI sistem) atau dengan
airflow meter pada sistem L-EFI.
a.
Sistem
D-EFI (Manifold Pressure Control Type)
Sistem D-EFI Mengukur
Tekanan udara dalam intake manifold dan kemudian melakukan perhitungan umlah
udara yang masuk.Tetapi karena tekanan udara dan jumlah dalam intake manifold
tidak dalam konvensi yang tepat,sistem D-EFI tidak begitu akurat dibandingkan
dengan sistem L-EFI. Sistem ini sering pula disebut “D Jetronic”
yaitu merk dagang dari Bosch. Huruf D singkatan dari Druck (bahasa Jerman) yang
berarti tekanan, sedang Jetronic
berarti penginjeksian (injection).
b. Sistem L-EFI
Dalam Sistem L-EFI, airflow
meter langsung mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold.
Airflow meter mengukur jumlah udara dengan sangat akurat, aiatem L-EFI dapat
mengontrol penginjeksian bahan bakar lebih tepat dibandingkan sistem D-EFI.
Istilah L diambil dari bahasa Jerman yaitu “Luft” yang berarti udara.
We test, assess, and contrast the most recent home generators with assistance you shop brilliant. ... You have your decision of fuel—pr duromax inverter generator reviews
ReplyDelete